Daurah Ilmiah dan Talaqqi Kitab Bersama Syekh Fadi Fuad Alamuddin


            Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi mahasantri Ma’had Aly Nuris bisa belajar langsung dengan pakar Akidah Asya’irah yaitu Syekh Fadi Fuad ‘Alamuddin dari Beirut Lebanon, ditemani Ust. Mastur – Dosen Mata Kuliah Akidah Asy’ari di Ma’had Aly Nuris-- untuk ngaji serta Ijazahan kitab Istihsanul Khoud fi Ilmi al-Kalam karya Imam Abu al-Hasan Al-Asy’ari.

            Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dimulai pada malam rabu, 8 Maret yang dihadiri oleh mahasantri Ma’had Aly dan santri nuris yang aktif di Nuris Aswaja Center (NAC) kemudian rabu pagi 9 Maret 2022 dihadiri oleh mahasantri Ma’had Aly saja. Kegiatan itu bertempat di gedung Ma’had Aly Nuris.

            Pada pertemuan pertama beliau menjelaskan secara detail biografi Imam Abu al-Hasan al-Asy’ari  mulai dari lahir, perjalanan hidup beliau dari aliran Muktazilah kembali ke Ahlussunnah Wal Jamaah, perjuangan beliau membela Ahlusunnah Wal Jamaah dengan mendebat orang-orang Muktazilah, karya-karya beliau sampai beliau wafat.

            Selanjutnya pertemuan kedua diisi dengan ngaji kitab Istihsanul Khoud fi Ilmi al-Kalam karya Imam Abu al-Hasan al-Asy’ari yang dibaca oleh mahasantri Ma’had Aly secara bergantian kemudian dijelaskan oleh beliau. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih tiga jam setengah.

            “Alhamdulillah bisa ngaji akidah bersama beliau, ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri buat saya. Beliau sangan alim dalam ilmu Akidah terbukti dari penjelasan yang beliau sampaikan. Semoga kecipratan berkah keilmuan beliau.” Tutur Rafidan, salah satu mahasantri Ma’had Aly yang ikut acara tersebut.

            “Beliau menyampaikan secara detail tentang akidah Ahlussunnah wal Jamaah yang dipelopori oleh Imam Abu al-Hasan al-Asy’ari, mengenai masalah jauhar dan jisim, kelompok yang mengingkari hari kebangkitan, kalamullah dan lain sebagainya, beliau menjelaskannya secara detail.” Imbuh mahasantri semester lima tersebut.

            Di penghujung acara mahasantri Ma’had Aly mendapat kenikmatan yang luar biasa dengan diperkenankannya tabarrukan (mengharap barakah) dengan rambut baginda Nabi Muhammad Saw milik beliau diiringi pembacaan shalawat. Barakallah. Amiiiinnnnn. (AS/Red)

        

           

             

0 Comments

Top