Sukses Gelar Acara Bedah Kitab Ilmu 'Arudh Bersama Gus Nawawi Sidogiri





         Minggu, 17 Januari 2021 Mahad Aly Nurul Islam Jember kedatangan dua orang tamu agung, yakni Gus Achmad Nawawi bin Amir keluarga Pondok Pesantren Sidogiri yang kerap dipanggil Gus Nawawi dan di temani oleh Gus M Anwar Muhammad. 

        Beliau berkunjung  ke Pondok Pesantren Nurul Islam dengan tujuan bersilaturahmi kepada KH. Muhyiddin Abdushomad serta mengisi acara seminar bedah kitab dengan tema "Bagaimana Menjadi Penyair yang Handal" yang di selenggarakan oleh Mahad Aly Nurul Islam. 
        
        Gus Nawawi selaku pemateri utama mengisi acara dengan kitab karangannya sendiri, di usia nya yang masih terbilang muda, beliau sudah bisa mengarang kitab dengan baik dan benar. 

        Dalam acara seminar tersebut beliau membahas tentang  kajian Ilmu Arudh yang menggunakan acuan kitab karangan gus Nawawi dengan judul "Kun Syaairan Mufliqan". Yang mana kitab ini memang membahas tentang Ilmu Arudh dengan jelas. 

        Sembari menjelaskan mengenai teori-teori Ilmu Arudh, Gus Nawawi ditemani Gus Anwar juga memaparkan bahwa Ilmu Syi'ir ini erat sekali kaitannya dengan Ilmu Aqidah. 

        Acara seminar ini di hadiri oleh 60 peserta, 40 peserta  merupakan anak bahasa, 5 peserta merupakan muallim Mahad Aly, dan 15 lainnya merupakan mahasantri Mahad Aly sendiri. Dengan diiringi lagu-lagu syair peserta menikmati acara ini yang dibagi menjadi 2 sesi dikarenakan materinya cukup banyak. Selain memaparkan materi, pemateri juga memberi kesempatan kepada peserta untuk tanya jawab serta diberi kesempatan untuk membuat syair. 

        Banyak hal positif yang didapat setelah berakhirnya acara ini, selain mendapat kitab karangan Gus Nawawi peserta juga mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat lebih-lebih bagi peserta yang memiliki bakat dalam bersyair.

0 Comments

Top