SILATURRAHMI ANTAR MAHASANTRI MAHAD ALY


Jember- Mahasantri Ma’had Aly tertua di Indonesia atau Ma’had Aly pertama yakni Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyyah Situbondo bersilaturrahmi secara tatap muka dengan menyelenggarakan acara di Ma’had Aly Nurul Islam (NURIS) Jember. Tepat pada tanggal 29 Maret 2022 kemarin, Mahasantri Ma’had Aly Situbondo datang dalam rangka Road Show (bedah mejalah) Tanwirul Afkar yang dikaryai oleh Mahasantri Ma’had Aly Salafiyah Syafiiyyah marhalah Saniyah (S2). Silaturrahmi ini langsung disetujui oleh pengasuh Pondok Pesantren NURIS, KH. Muhyiddin Abdussamad.

 Acara ini dimotori sendiri oleh para Mahasantri Ma’had Aly salafiyah Syafiiyyah sebanyak 8 orang, 1 orang sebagai moderator dan 1 orang sebagai pemateri atau narasumber. Acara ini diselenggarakan dalam bentuk bedah majalah dengan tema “Mengukuhkan Eksistensi, Membumikan Moderasi”. Majalah yang dibuat sesuai dengan jurusan keilmuan yang mereka dalami, yaitu fiqih dan ushul fiqh. 

“Majalah yang kami buat dibahas sesuai dengan jurusan yang kami dalami di Ma’had Aly, yaitu fiqih dan ushul fiqih. Maka pembahasan pokok yang ada di dalam majalah ini dibuat berbasis fiqih dan ushul fiqh” ujar Rofiqi, pemberi sambutan sekaligus sebagai pimpinan redaksi majalah Tanwirul Afkar.

Mereka juga mengatakan bahwa selalu berani bahkan tak minder ketika bersaing dengan Universitas-Universitas Negeri keislaman diluar. Hal ini menunjukkan bahwa mahasantri ma’had aly Indonesia tak kalah kualitasnya dalam aspek keilmuan terutama bidang agama islam. 

 Dalam Acara ini juga dihadiri oleh santriwan dan santriwati dari lembaga MA, dan SMA NURIS yang aktif dalam bidang literasi. Dalam acara diisi dengan pemberian sambutan, pokok pembahasan oleh pemateri, pertanyaan dari audien, dan diskusi kuis.

 Semoga pertemuan ini mendatangkan barakah untuk semua yang hadir pada saat acara tersebut. Dan mendapatkan ilmu manfaat serta barakah yang dapat di amalkan dalam keseharian di bulan Ramadhan. Amin.

0 Comments

Top